-->

7 Cara Menghadapi Pikiran Negatif

Cara Menghadapi Pikiran Negatif

Cara Menghadapi Pikiran Negatif - Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu di dalam pikiran kita mengkhawatirkan masa depan, mengulang peristiwa di masa lalu, dan secara umum berfokus pada bagian-bagian kehidupan yang membuat kita tidak puas.

Meskipun pikiran umum, negatif, atau tidak diinginkan dapat mencegah Anda menikmati pengalaman, mengalihkan perhatian Anda dari fokus pada hal-hal yang penting, dan menghabiskan energi Anda. Mereka juga bisa membuat Anda merasa cemas dan tertekan.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan latihan yang berdedikasi, Anda dapat mengganti pola berpikir negatif dengan pikiran yang benar-benar membantu. Ini dapat membuat perbedaan besar dalam kebahagiaan dan kenyamanan sehari-hari Anda.

Coba 7 cara berikut ini untuk mengelola (dan mengurangi) pemikiran negatif Anda:

7 Cara Menghadapi Pikiran Negatif

1. Kenali distorsi pikiran

Pikiran kita memiliki cara cerdas dan gigih untuk meyakinkan kita tentang sesuatu yang tidak benar. Pikiran yang tidak akurat ini memperkuat pemikiran negatif. Jika Anda dapat mengenali mereka, Anda dapat belajar untuk menantang mereka. Berikut adalah empat distorsi pikiran umum:
  • Berpikir hitam dan putih. Melihat segalanya sebagai satu atau lain cara, tanpa ada di antaranya.
  • Personalisasi. Dengan asumsi Anda harus disalahkan atas apa pun yang salah, seperti berpikir seseorang tidak tersenyum pada Anda karena Anda melakukan sesuatu yang membuatnya kesal. (Kemungkinan besar orang itu sedang mengalami hari yang berat dan suasana hatinya tidak ada hubungannya dengan Anda.)
  • Filter thinking. Memilih untuk hanya melihat sisi negatif dari suatu situasi.
  • Catastrophizing. Dengan asumsi hasil terburuk yang mungkin akan terjadi.


2. Tantang pikiran negatif

Setiap kali Anda memiliki pemikiran yang terdistorsi, hentikan dan evaluasi apakah itu akurat. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan merespons jika seorang teman berbicara tentang dirinya sendiri seperti itu. Anda mungkin akan menawarkan bantahan yang baik terhadap pandangan negatifnya. Terapkan logika yang sama ke pikiran Anda sendiri. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda mengasumsikan hal terburuk yang akan terjadi atau menyalahkan diri sendiri untuk sesuatu yang tidak berjalan seperti yang Anda inginkan. Dan kemudian pikirkan tentang kemungkinan hasil atau alasan lain bahwa sesuatu ternyata berbeda dari yang Anda harapkan.


3. Istirahat dari pikiran negatif

Adalah mungkin untuk belajar memisahkan diri dari pikiran negatif. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membiarkan diri Anda memiliki waktu tertentu (mungkin lima menit) dengan pikiran itu. Kemudian beristirahat sejenak dari fokus dan lanjutkan hari Anda.


4. Bebaskan penilaian

Kita semua menilai diri kita sendiri dan orang lain, biasanya secara tidak sadar. Terus menerus membandingkan diri kita dengan orang lain atau membandingkan kehidupan kita dengan ketidakpuasan breeds yang ideal. Ketika Anda mampu melepaskan penilaian (tidak mudah, tetapi mungkin), Anda mungkin akan merasa lebih nyaman. Beberapa cara untuk mengambil jeda dari pemikiran menghakimi termasuk mengenali reaksi Anda sendiri, mengamatinya, dan kemudian membiarkannya pergi. Teknik lain yang membantu adalah 'menilai positif.' Ketika Anda melihat Anda menilai seseorang, diri sendiri, atau situasi negatif secara negatif, carilah kualitas positif juga.


5. Berlatihlah bersyukur

Penelitian menunjukkan bahwa merasa bersyukur memiliki dampak besar pada tingkat kepositifan dan kebahagiaan Anda. Bahkan ketika Anda mengalami waktu yang menantang dalam hidup Anda, Anda biasanya dapat menemukan hal-hal (bahkan hal-hal kecil) untuk disyukuri. Memperhatikan hal-hal yang berjalan dengan baik dan membuat Anda merasa bahagia akan membuat Anda tetap berhubungan dengan mereka. Membuat jurnal rasa syukur dan menulis beberapa hal di dalamnya setiap hari adalah salah satu cara yang mudah dan efektif untuk melakukan ini.


6. Fokus pada kekuatan Anda

Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif. Semakin Anda dapat berlatih berfokus pada kekuatan Anda dan tidak memikirkan kesalahan yang Anda buat, semakin mudah untuk merasa positif tentang diri Anda dan arah yang diambil oleh hidup Anda. Jika Anda menemukan diri Anda berpikir keras tentang kepribadian atau tindakan Anda, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan berpikir tentang sesuatu yang Anda sukai dari diri Anda sendiri.


7. Carilah dukungan profesional

jika Anda tidak dapat mengelola pikiran Anda atau menemukan mereka mengganggu kemampuan Anda untuk memenuhi tanggung jawab harian Anda atau menikmati hidup. Konseling dan terapi dapat membantu Anda mengatasi perubahan hidup, mengurangi penderitaan emosional dan mengalami pertumbuhan diri.

Itulah 7 Cara Menghadapi Pikiran Negatif yang terkadang muncul dalam pikiran anda. Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini. Jangan lupa untuk bagikan ke teman-teman social anda bila artikel ini menurut anda bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Menghadapi Pikiran Negatif"

Catat Ulasan

Mohon komentar yang sewajarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel