-->

Apa Itu Virus Zika? Gejala Dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Virus Zika Gejala Dan Cara Pencegahannya

Apa Itu Virus Zika? Gejala Dan Cara Pencegahannya - Virus Zika ialah virus yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegpti, jenis nyamuk ini merupakan jenis nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar virus dengue, chikungunya, dan demam kuning. Virus Zika menyebabkan penyakit Zika (Zika disease) atau demam Zika (Zika fever). Virus ini ditemukan pada sekitar tahun 1954 di Nigeria. Muncul dan mewabah jago di sekitaran Afrika, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasifik. Dan sekitar tahun 2015 virus ini kembali mewabah hingga ke benua Amerika dan hingga kini pun di Indonesia masih siaga untuk mencegah penyakit dari virus zika ini.

Gejala-gejala yang dialami penderita penyakit dari virus zika

Beberapa masalah orang yang terinfeksi virus zika ini tidak mempunyai tanda-tanda penyakit sama sekali, tapi ada beberapa tanda-tanda umum yang biasanya ditemui pada orang yang terkena bengkak virus zika diantaranya:
  • Nyeri kepala dan pusing
  • Ruam merah dan gatal pada seluruh badan
  • Demam
  • Mata merah
  • Nyeri punggung
  • Berat dan nyeri pada mata kepingan belakang
  • Nyeri dan pegal pada otot/sendi
Gejala yang disebabkan oleh virus zika hampir menyerupai dengan demam berdarah, tetapi perbedaannya ialah bahwa demam dari virus zika ini tidak terlalu tinggi berkisar hingga 38 derajat Celcius. Orang yang terinfeksi virus zika pulih sepenuhnya atau mengalami peningkatan sehabis 7-12 hari sehabis terinfeksi. Tetapi beberapa masalah virus zika mempunyai risiko besar terhadap kesehatan sehingga virus zika ini mampu mengakibatkan seseorang mempunyai kelainan sistem saraf sentra atau sering disebut sindrom Guillane Bare.

Virus zika ini sangat berbahaya bagi perempuan hamil lantaran bengkak virus zika ini mampu menciptakan bayi dikandung mempunyai mikrosefali atau ukuran kepala kecil. Mikrosefali pada bayi ini mampu menunjukkan komplikasi seperti, tidak tumbuh dan berkembang dengan baik, cacat, keterbelakangan mental dan hiperaktif. Karena itu perempuan hamil disarankan untuk tidak pergi ke tempat virus itu berjangkit dan segera berkonsultasi dengan dokter kalau mempunyai tanda-tanda bengkak zika.

Cara Mencegah Virus Zika

Salah satu tindakan pencegahan yang paling penting ialah menghindari gigitan nyamuk tetapi tidak semudah itu, kadang kala orang lupa perihal ancaman nyamuk. Kiat untuk pencegahan gigitan nyamuk.
  • Memakai baju lengan panjang, celana panjang dan menggunakan lotion antinyamuk untuk mencegah gigitan oleh nyamuk.
  • Selalu ingat dengan 3M (Mengubur, Menutup, Menguras) tempat yang diindikasi sebagai tempat perkembang biakan nyamuk tersebut.
  • Selalu berpola hidup sehat biar kekebalan sistem badan kita berpengaruh dan tahan terhadap penyakit menular.
  • Selalu berjaga-jaga untuk perempuan hamil, dianjurkan dalam masa kehamilan tidak berpergian ke kawasan yang sedang terserang virus zika dan selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan.
  • Melakukan pengawasan jentik nyamuk dirumah.
Itulah sedikit ulasan tentang mengenai Apa Itu Virus Zika? Gejala Dan Cara Pencegahannya yang kami rangkum dari berbagai sumber. Bila ada pertanyaan menyangkut isi dari artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah. Dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman di Social Media Kamu. 

0 Response to "Apa Itu Virus Zika? Gejala Dan Cara Pencegahannya"

Catat Ulasan

Mohon komentar yang sewajarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel